Senin 23 Nov 2015 11:24 WIB

Mantan Menhan Australia Usulkan Kirim Pasukan Darat ke Suriah

Mantan menteri pertahanan Australia Kevin Andrews
Foto: aap
Mantan menteri pertahanan Australia Kevin Andrews

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Mantan menteri pertahanan Australia Kevin Andrews sepakat dengan pendapat mantan PM Tony Abbott agar Australia mengirimkan pasukan darat ke Suriah.

Seruan itu muncul di saat Parlemen Australia akan kembali bersidang, Senin (23/11) dengan masalah keamanan nasional akan menjadi topik pembahasan utama dalam sidang parlemen yang akan berlangsung selama dua pekan sebelum reses untuk musim liburan Natal.

Andrews, yang digeser dari jabatannya ketika Malcolm Turnbull menjadi PM, mengatakan usaha bersama oleh tim pasukan komando diperlukan untuk mengalahkan ISIS.

Dalam tulisannya di tabloid Australian Financial Review, Andrews mengatakan pihak Barat bisa terlibat di Timur Tengah selama setahun lagi tanpa hasil yang jelas sehingga diperlukan strategi yang jelas untuk Suriah dan keinginan untuk menang.

PM Turnbull sebelumnya mengatakan Australia tidak berencana mengubah komitmen militernya saat ini, yaitu hanya melakukan serangan udara terbatas terhadap sasaran ISIS.

Namun, Turnbull baru saja kembali dari lawatan luar negeri, dimana dia sudah bertemu dengan banyak kepala negara, dengan perang melawan ISIS dan melawan ektremisme menjadi topik pembicaraan utama menyusul berbagai serangan di kota Paris.

PM Turbull sendiri akan memimpin rapat komite keamanan nasional di Canberra, Senin.

Usulan pemerintah untuk mencabut kewarganeraan Australia bagi mereka yang memiliki dua warga negara dan terlibat dalam tindak terorisme juga akan diajukan ke parlemen.

RUU ini sudah mendapat dukungan dari pihak oposisi, dan pemerintah berharap bisa lolos di parlemen sebelum akhir tahun.

Baca juga

Ini 'Pertarungan' Anti-Islam dan Antirasis di Kota-Kota Australia

Demo Anti-Islam di Australia Selalu Diiringi Demo Tandingan

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-23/mantan-menhan-australia-usulkan-kirim-pasukan-darat-ke-suriah/1517556
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement